Acara Aqiqah Sesuai Sunnah | Aqiqah Jogja

 

Acara Aqiqah Sesuai Sunnah

acara aqiqah jogja


Acara Aqiqah Sesuai Sunnah​

Acara Aqiqah sesuai sunnah merupakan ibadah Sunnah dalam Syariat Islam. Namun Aqiqah berarti Ibadah untuk menebus putra-putri kita. Biasanya dilaksanakan 7 hari setelah lahiran atau bisa 14/ 21 hari setelahnya. Nah biasanya juga kegiatan Aqiqah diikuti dengan acara syukuran atau acara tasyakuran Aqiqah oleh keluarga. Acara Syukuran Aqiqah tidak jauh berbeda dengan tasyakuran yang lain. Biasanya bisa dilaksanakan di rumah atau di panti asuhan dengan adik-adik Yatim/Piatu sehingga menjadi lebih berkah.

Adapun dalam artikel ini kita akan membahas seputar Acara syukuran Aqiqah seperti dengan daftar isi berikut :

1. Contoh Undangan Aqiqah

Dalam melaksanakan Acara syukuran atau tasyakuran Aqiqah, biasanya keluarga menyiapkan undangan Aqiqah baik berupa selebaran maupun undangan melalui WA. Untuk contoh undangannya Aqiqah Nurul Hayat telah membahas tentang contoh undangan Aqiqah di artikel berikut.

2. Ketentuan Aqiqah

Dalam beribadah Aqiqah ada ketentuan ketentuan yang perlu diketahui dan di lakukan. Seperti halnya jumlah ekor kambing Aqiqah dalam melaksanakan Aqiqah untuk anak laki-laki ataupun perempuan berbeda. Laki- laki menyembelih 2 ekor kambing aqiqah, sedangkan untuk anak perempuan menyembelih 1 kambing aqiqah. Untuk informasi lebih lengkapnya sudah kami bahas di artikel lainnya. Untuk membaca artikelnya bisa dibaca disini.

Baca Juga : Ketentuan Aqiqah

3. Doa dan Niat Aqiqah

Dalam setiap pelaksanaan ibadah, Niat dan Doa menjadi bagian terpenting agar ibadah kita diterima oleh Allah S.W.T. Doa dalam pelaksanaan Aqiqah penting diketahui oleh para orang tua ketika akan melaksanakan Aqiqah (Walimatul Aqiqah).  Karena dalam pelaksanaannya ada beberapa doa yang hendaknya dibaca agar ibadah menjadi sempurna seperti doa ketika menyembelih hewan Aqiqah, seperti kambing Aqiqah, doa ketika mencukur bayi, doa ketika meniup ubun- ubun bayi, doa walimatul Aqiqah. Untuk bacaan lengkapnya sudah dijelaskan pleh Aqiqah Nurul Hayat di artikel tentang tata cara niat dan doa Aqiqah yang bisa dibaca disini.

Baca Juga : Niat dan Doa Aqiqah

4. Susunan Acara Aqiqah Sesuai Sunnah

Berikut adalah susunan acara tasyakuran atau syukuran Aqiqah :

1. Pembukaan

Acara yang paling awal adalah pembukaan. Pembukaan akan dibawakan oleh pembawa acara setelah semua undangan berkumpul dan pembawa acara mengajak seluruh undangan untuk membaca “Basmallah” bersama-sama.

2. Pembacaan kalam ilahi

Selanjutnya adalah pembacaan ayat – ayat suci Allah. biasanya surat yang dibacakan adalah surat lukman dari ayat 13-18. Pembacaan ayat suci biasanya dilaksanakan oleh petugas/ Qori’, namun alangkah lebih bagus oleh ayah sang bayi.

3. Sambutan dari tuan rumah

Selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh tuan rumah/ orang tua yang mengadakan syukuran Aqiqah. Sambutannya biasanya berisi maksud dan tujuan acara dan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan Aqiqah yang sudah hadir pada saaat acara.

4. Acara inti adalah pencukuran rambut secara simbolik dan diikuti pengesahan nama anak

Acara selanjutnya adalah acara inti yaitu mencukur rambut bayi secara simbolik lalu di ikuti dengan pengesahan nama sang Bayi. Terkedang bayi juga di iring ke undangan untuk didoakan dan ditiup ubun-ubunnya. Jangan lupa, ketika mencukur rambut, dan meniup ubun – ubun pun perlu membacakan doa.

5. Tausyiah singkat tentang Aqiqah

Agar acara tasyakuran menjadi lebih khidmat, selanjutnya adalah tausyiah singkat tentang Aqiqah, Anak, maupun keluarga.

6. Do’a penutup dengan doa walimatul Aqiqah

Yang terakhir, ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Ustadz yang menyampaikan tausyiah. Agar acara Aqiqah serta seluruh kegiatan ibadah Aqiqah diterima.

Dan sekian artikel dari Aqiqah Nurul Hayat, penyedia Jasa Aqiqah Murah, tentang CONTOH SUSUNAN ACARA AQIQAH . Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.

Pilihan Para Artis | Aqiqah Jogja Nurul Hayat

Banyak sekali dari jejeran artis sudah membuktikan kualitas pelayanan dan rasa masakan dari Aqiqah Nurul Hayat, mereka puas akan semua hal mengenai Aqiqah Nurul Hayat. Jadi kapan ayah bunda mau ikut bergabung beraqiqah di Aqiqah Bandung Nurul Hayat seperti para artis?

Pilihan Para Artis | Aqiqah Nurul Hayat

Banyak sekali dari jejeran artis sudah membuktikan kualitas pelayanan dan rasa masakan dari Aqiqah Bandung Nurul Hayat, mereka puas akan semua hal mengenai Aqiqah Nurul Hayat. Jadi kapan ayah bunda mau ikut bergabung beraqiqah di Aqiqah Bandung Nurul Hayat seperti para artis?

Komentar

Postingan Populer